IndeksPortailCalendarFAQPencarianPendaftaranAnggotaGroupLogin

Share | 
 

 Krisi yang sedang dihadapi DUNIA (KURANGNYA MORALITAS)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
monjayaki
Senior
Senior


Male
Jumlah posting : 187
Age : 28
Status in Family : a
PaNgGiLaN SaYaNk : b
FaVoRiT WoRd : c
Registration date : 03.12.07

PostSubyek: Krisi yang sedang dihadapi DUNIA (KURANGNYA MORALITAS)   Tue Apr 01, 2008 7:49 pm

Klo u mau liat intinya langsung drag ke bawah
liat yang bagian: NORMA DASAR TERPENTING : MARTABAT affraid

PENDAHULUANNYA cukup penting bagi u orang yang mau lebih mengerti krisis di dunia ini T_T

klo kaga yah jangan
gw kan menghargai kebebasan hwhhwhwhw lol!


@@@@@@@@@@@@@@@@------ETIKA & MORAL------@@@@@@@@@@@@@@@@

Simpel aj ^0^

ETIKA menurut KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (1988):
1. ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhklak)
2. kumpulan azas-azas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak
3. nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat

gw bakal cenderung pake arti ke-2 dan ke-3

MORAL --> bentuk kata sifat dari ETIKA

MORALITAS adalah sifat moral atau keseluruhan azas atau nilai yang berkenaan dengan baik dan buruk


!!!! PENTING !!!! Exclamation Exclamation Exclamation Exclamation

bedain ETIKET dengan ETIKA

ETIKA

-memberi norma pada perbuatan
-berlaku setiap saat
-jauh lebih absolut
-menyangkut segi batin manusia

ETIKET
-menyangkut cara suatu perbuatan harus dilakukan
-hanya berlaku di pergaulan
-sifatnya relatif
-melihat segi lahiriah manusia

CONTOH:
GW klo di rumah makan sambil naekin kaki ke meja trus sambil nonton TV (ini contoh etiket, coba u praktekan ini di depan guru u, pasti

diganttung ^^ ahhahaha lol! )

Gw gak peduli lagi sendiri atau rame2, gw gak akan mencuri (contoh etika)


ETIKA & MORAL merupakan bagian dari manusia
tapi banyak orang yang sudah kehilangan unsur2 ini

ntar dibahas lebih lanjut ke BAAAAAAAWAAAAAAAAHHHHHH.....

@@@@@@@@@@@@@@@@------HATI NURANI------@@@@@@@@@@@@@@@@


Exclamation Apa itu hati nurani ????

akh masa gak pernah ngalamin, smua juga pernah atu
kek pas kita mau berbuat salah trus ada perasaan bersalah ^^

Exclamation tapi berbuat salah itu kan beda tiap orang ? ya udah itu mah gak usah dibahas XD

Hati nurani biasa kita rasakan berupa penilaian pada diri sendiri secara langsung saat peristiwa itu berlangsung.
Bukan kita yang menilai, tapi alam bawah sadar kita yang menilai.

Hati nurani itu unik, tiap orang beda2 ^^ sesuai masing2 kepribadian

Tapi....
hati nurani kadang2 digunain bwat kejahatan

CONTOH: beberapa orang beranggapan bahwa hati nurani merupakan bisikan Tuhan, jadi....
klo dia bilang bunuh yah bunuh...
STW DAHHHHH Exclamation Exclamation Exclamation

Klo dah kek gitu die menyalahgunakan hati nurani

seharusnya hati nurani u gak ngelepasin u dari kewajiban dan tanggung jawab u secara OBJEKTIF.

SOoo...


:idea:1.ILMU -=======\ hati /=======- PERBUATAN/PRAKTIS

Tanpa ada hati nurani, ilmu cuman digunain untuk menguasai sesama dan mencapai keuntungan untuk diri ndiri



:idea:2.Hati nurani memberi penilaian, tapi gak harus selalu LOGIS




----=========CARA MENDIDIK HATI NURANI========----

cuman bisa dilakukan di keluarag sejak kecil T_T

kenyataannya jarang ortu yang peduli ma hal ginian
tapi jangan putus asa karena dah telat, karena slama mau pasti bisa ^^


@@@@@@@@@@@@@@@@------KEBEBASAN------@@@@@@@@@@@@@@@@

:idea:Kebebasan gw bagi 2:
-> Kebebasan INDIVIDU
-> Kebebasan SOS-POL

Kebebasan bSOS-POL tuh cuman ada 2 contoh: KEMERDEKAAN atas kekuasaan absolut (kerajaan JADUL) dan KEMERDEKAAN atas kolonialisme.

jadi selebihnya gw cuman bakal bahas yg INDIVIDU ^^

KEBEBASAN INDIVIDU:
:idea:1. GAK SAMA ama KEMORAT-MARITAN

CONTOH:
A. Duh... gila males banget hari ini kuliah ngebetein, udah panas banget lagi ni hari
gw kan punya kebebasan jadi hari ini gak usah kuliah aaaaaaah~

B. Aih gila tuh cewe seksi banget, gak nahan deh
gw kan punya kebebasan bwat mengekspresikan diri gw... jadi gw perkosa aja tuh cewe

mungkin yg A gak ngerugiin org laen... tapi tetep aj lari dari tanggung jawab ^^;;;

!!!! PENTING !!!! Exclamation Exclamation Exclamation Exclamation

harus dibedain KEBEBASAN dengan merasa BEBAS
contoh A dan B sebenernya bukan kebebasan tapi merasa bebas... artinya MAKSA banget tuh org

:idea:2. kebebasan FISIK

yah.... u gak diiket contohnya

:idea:3. kebebasan YURIDIS

Negara buat HUKUM bwat ngejamin KEBEBASAN rakyat gak ditindas

CONTOH: membayar pajak bukan menghalangi kebebasan kita TAPI.... memungkinkan kebebasan sebesar2nya untuk SMUA ORANG

:idea:4. kebebasan PSIKOLOGIS

free will
artinya klo u dipaksa: HARTA ato NYAWA
yah... u kaga bebas scr psikologis

:idea:5. kebebasan MORAL

mirip psikologis tapi...
klo terdapat kebebasan psikologis blom tentu ad kebebasan moral

CONTOH: HARTA ato NYAWA. gw seh maunya gak dua2nya (MORAL) tapi mending gw relain harta daripada dibunuh (PSIKOLOGIS).

jadi intinya kebebasan moral adalah kebebasan psikologis plus ^^

:idea:6. kebebasan eksistensial

-gabungan smuanya ^^
--bisa berkreasi sendiri
---gak cuman membeo

tapi... paling sulit tercapai karena kita hidup di masyarakat luas T_T

CONTOH: gw menciptakan BALING2 BAMBU tapi... menurut orang banyak hal itu NORAK jadi gw punya penemuan gak laku deh....

inilah realitas hidup T_T (bukan berarti kita gak isa ubah lhooo...)


@@@@@@@@@@@@@@@@------TANGGUNG JAWAB------@@@@@@@@@@@@@@@@

err... tau lah ya
KEBEBASAN yang BERTANGGUNG JAWAB

gw kasi contoh aj deh
tanggung jawab ada tingkatannya lhoo...

contoh KASUS: (CUMAN CONTOH ^^ HAHAHAHAH) lol!
A. Kevin botol mencuri, tapi ia gak tau klo mencuri (salah ambil barang orang lain)

B. Akeong mencuri, karena dia kleptomani (gangguan jiwa, di mana si orang demen nyolong)

C. Ibam mencuri, karena ia kira dia boleh nyuri (dia harus menghidupi anaknya tapi gak ad duit)

D. Darwin mencuri, orang lain memaksa dia dengan ngancem nyawa

E. Rita mencuri, karena gak isa ngendaliin nafsu (kyaaaa... pengen punya TV baru)


ehem...

A. klo dia lapor ke polisi dia gak salah, klo pura2 gak tau salah scr HUKUM
B. dia gak salah apa2
C. ini juga salah tapi hukumannya gak seberat yang disengaja dan terencana
D. dia gak salah apa2, yang salah adalah orang yang ngancem
E. ini parah....


TANGGUNG JAWAB itu juga ada yang kolektif

duh buset deh cari contohnya gampang banget
kelas XI A 2 taon 2007 (angkatan gw XD)
karena gurunya putus asa gak bisa bikin diem kelas, kita diskors SEHARI (sebenernya di sini yg ribut gak smua tapi termasuk gw ^^V)
GAk ada guru yang boleh masuk ama pa Lucky
HAHAHAHAHAHAH lol!

mungkin kelas u org juga pernah ^^

TANGGUNG JAWAB KOLEKTIF gak ETIS (ha yu luh~ pa lucky :p), tapi secara psikologis ada

CONTOH: pada pertandingan sepak bola di inggris
ada keributan antar suporter
akhirnya berantem trus ada banyak orang dari suporter spanyol yang luka, katanya dilukai suporter inggris

akibatnya.... negara harus nanggung ^^;;
karena klo mau cari pelakunya dalam keributan kek gitu gak mungkin ketemu tapi bukan itu aj
karena mau memperbaikin nama INGGRIS sebagai suatu bentuk solidaritas ^^


@@@@@@@@@@@@@@@@------NILAI & NORMA------@@@@@@@@@@@@@@@@

singkat aj

NILAI ----> sesuatu yang baik

NORMA ----> tolak ukur untuk menilai sesuatu

Idea1. NILAI

NILAI itu beda ama FAKTA
FAKTA ---> objektif belaka
NILAI ---> jelasss... harus ada ORANG yang nilai, bersifat SUBJEKTIF, dan SUBJEK yang memberi NILAI kepada OBJEK.

Exclamation kenapa subjektif ?
CONTOH:
Panda, Beruang, ama Kucing jalan ke Gunung Khayalan... (kalimat ini FAKTA)
Panda bilang: gila asik banget banyak bambu, gw bisa gendut balik dari sini
Beruang bilang: waaah... ada sarang lebah (terharu)
Kucing bilang: ..............................................., ack ! gw pengen pulang aj, masak gak ada sampah ato orang2 yang karena

melihat kelucuan gw ampe kasih gw makan !
lol!


Nilai itu bermacam2
ada Nilai MORAL, Nilai EKONOMI, Nilai ESTETIS, blah... blahh... blahhh....

Tapi NILAI LAIN tanpa NILAI MORAL sama dengan kosong
maskudnya bisa menghancurkan hidup manusia
jadi... NILAI MORAL itu membuat NILAI lainnya menjadi lebih manusiawi

Exclamation Jadi, apa itu NILAI MORAL ???

Idea 1. berkaitan dengan TANGGUNG JAWAB
Idea 2. berkaitan dengan HATI NURANI
Idea 3. mewajibkan (dijalankan tanpa alasan, misal: "SAYA TIDAK AKAN MEMBUNUH"--> bukan berati u takut dihukum)
Idea 4. bersifat FORMAL (realisasi nilai lain berbarengan dengan NILAI MORAL)

KLO... MISAL kita udah kehilangan nilai MORAL, errr...
sebenernya kita dah gak bisa disebut manusia yang sehat secara psikis....

Idea 2. NORMA MORAL

sebenernya intinya sama kek NILAI MORAL cuman di sini, si NORMA MORAL memberi menilai norma-norma lain


hmmm... ini bagian yang seru bwat para debatters ^^ (yg pasti bukan gw T_T)

--------========RELATIVISME MORAL TIDAK TAHAN UJI=========-------

maksudnya di sini beberapa kalangan berpendapat bahwa MORALITAS itu relatif
artinya di satu tempat bisa bener di tempat lain bisa salah

dengan begitu orang2 INI menyimpulkan bahwa MORALITAS = ADAT KEBIASAAN
sehingga......... ETIKA yang satu tidak lebih baik dari ETIKA yang lain

KLO gitu ada 3 SANGGAHAN:

Idea A. SEANDAINYA realtivisme MORAL benar, maka kebudayaan yang satu tidak bisa dibilang lebih ETIS dari kebudayaan yang lain.
CONTOH: ZAMAN kita dijajah banyak skali kolonialisme
termasuk kita yang kejajah deng....

trus sekarang dah ada hukum-hukum dan nilai-nilai yang mengatur HAK2 suatu negara

menurut u orang, yang lebih ETIS yang mana ?

Idea B. SEANDAINYA realtivisme MORAL benar, maka kita hanya perlu tau kaidah2 moral masyarakat tertentu untuk mengukur baik-tidaknya perbuatan

mereka. ARTINYA.... smua NORMA MORAL di masyarakat itu sempurna....
CoNTOH: kebudayaan2 seperti:
- Menguburkan janda hidup2 bersama suaminya yang meninggal
- Menanamkan kepala manusia bila membangun jembatan atau banguna lainnya
- Upacara korban manusia

Nah lhooo...
klo kek gini dah gak relatif lagi kan
gw seh bisa nangis darah klo hidup di masyarakat gitu

Untung sekarang dah kaga gitu lagi...

Idea C. SEANDAINYA realtivisme MORAL benar, tidak mungkin terjadi kemajuan di bidang MORAL

simpel...
Hal-hal konyol di atas dah lebih jarang kan sekarang (JANGAN MELIHAT MASALAH BARU DAN LAIN YANG MUNCUL)


---------==============KESIMPULAN

*NORMA MORAL gak selalu dipakai di smua tempat, JADI.. NORMA MORAL dibagi 2: NORMA MORAL DASAR dan NORMA MORAL KONKRIT
CONTOH:
NORMA MORAL DASAR: 'berbuat baik kepada sesama'
NORMA MORAL KONKRIT: orang eskimo yang membunuh orang tua sendiri jika mereka dalam keadaan lemah atau sakit

*NORMA MORAL DASAR ----> Diterima smua orang

*NORMA MORAL besifat OBJEKTIF dan UNIVERSAL

walaupun NORMA MORAL bersifa obejektif bukan berarti kebebasan kita terkekang
sebaliknya.... keharusan untuk kita melekat pada NORMA MORAL mengandaikan kebebabsan.
Perbuatan MORAL baru bisa disebut MORAL kalau bebas (disebutkan oleh Sartre)

*NORMA MORAL menjadi norma sungguh2 karena diterima dengan BEBAS


@@@@@@@@@@@@@@@@------THE GOLDEN RULE------@@@@@@@@@@@@@@@@

Ini merupakan dasar dari smua norma dan etika

bunyinya:

"HENDAKLAH MEMPERLAKUKAN ORANG LAIN SEBAGAIMANA ANDA SENDIRI INGIN DIPERLAKUKAN"


@@@@@@@@@@@@@@@@------NORMA DASAR TERPENTING : MARTABAT MANUSIA------@@@@@@@@@@@@@@@@ (topik trakir... en paling mengkhawatirkan)

duh...
kita sering banget lho gunain kata2 martabat manusia

di pelajaran PKn juga dah ampe bosen dengernya
kita slalu bilang: 'dah TAUU, ya ampun deh, masak ginian diulang lagi' (gw juga bilang lhoo ^^ hahahah)

tapi karena orang2 dengan mudahnya membicarakan martabat manusia, artinya zaman sekarang dah HAMPA.....


Menurut Immanuel Kant (filsuf JERMAN): [agak panjang, klo BT lewatin...]

Kita harus menghormati martabat manusia, karena manusia adalah satu-satunya makhluk yang merupakan tujuan pada dirinya. Benda jasmani kita

gunakan untuk tujuan2 kita. Binatang juga kita pakai sejauh bermanfaat bagi kita. Tapi manusia adalah tujuan sendiri yang tidak boleh

ditaklukan pada tujuan lain. Karena manusia adalah makhluk bebas dan otonom yang sanggup mengambil keputusannya sendiri. Manusia adalah pusat

kemandirian. Ini kita maksudkan, kalau kita katakan bahwa manusia adalah "persona". Dialah satu-satunya makhluk yang memiliki harkat

intrinsik dan karena itu harus dihormati sebagai tujuan dirinya.

BTW... HARGA dan MARTABAT beda JAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUH

HARGA dapat diganti selama nilainya sama (contoh: mata uang asing bisa diganti2 ke mana aj ^^)

tapi... MARTABAT gak bisa diganti

[KLO U ORANG DENGERIN KATA2 GW UNTUK MELEWATI bagian tadi, itulah buktinya kenapa ini merupakan krisis dunia saat ini ^^]

HAHAHAHAHHAHAHAHAHAHHAHA... GYAHAHAHAHAH... lol!


Jadi si Immanuel Kant menyimpulkan:

"HENDAKLAH MEMPERLAKUKAN MANUSIA SELAKU JUGA SEBAGAI TUJUAN PADA DIRINYA DAN TIDAK PERNAH SEBAGAI SARANA BELAKA"

artinya:
SAYA menggunakan jasa sopir taksi untuk sampai ke rumah, hal ini wajar dan manusiawi
TAPI.... SAYA juga harus menghormati mereka sebagai 'PERSONA' BUKAN SARANA BELAKA !

sangat gak etis
abis u pake jasa die
trus u lempar duitnya ke muka die pas u mau turun ( OH Meine Liebe...)


ALAM-PUN juga bagian dari manusia
makanya... alam tidak boleh digunakan sebagai sarana belaka untuk kepuasan pribadi tanpa memikirkan dampak untuk GENERASI MASA DEPAN !




hueh...
sedihnya banyak manusia yang HAK MARTABATNYA masih terinjak2
lebih2 ALAM kita T_T, dah kek sampah cuman buat dibakar-bakar
yah gw gak usah kasih contoh...
cari di jalanan juga banyak XD



PENUTUP:

Mungkin bagi kalian yang akan jadi pengusaha, dokter, psikolog, artsitek, direktur, manager, atau... Pilot atau lebih gila lagi

PRESIDEN....... hwhwhwwhhw lol!

tolong lebih perhatikan NORMA DASAR YANG TERPENTING INI YA ^^
supaya manusia gak terinjak2 lagi martabatnya cuman karena mereka dilahirkan di dunia ini XD

good luck ^^


DAFTAR PSUTAKA

K. Bertens.2007.ETIKA.Jakarta:Gramedia
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
[LichT]
Moderator
Moderator


Female
Jumlah posting : 1582
Age : 27
Status in Family : anak-anak
PaNgGiLaN SaYaNk : lola:p
FaVoRiT WoRd : meonggg..
Registration date : 01.10.07

PostSubyek: Re: Krisi yang sedang dihadapi DUNIA (KURANGNYA MORALITAS)   Wed Apr 02, 2008 3:14 pm

bakakatze..kok gw dipake buat contoh yang prah..hik..(cry mode : on)..hihi
jkjk//
panjang bner..gw g baca abis bro..

jujur karena gw lemot..aga susah mencernanya..tapi..itu btul..tapi pertanyaan besar..apakah presiden dan petinggi lainya akan baca dan merenungkan ini??zzz..

_________________
loph u..but i can't reach u..let it be the sweetest dream..dream of me..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
DeWe
Emperor
Emperor


Male
Jumlah posting : 767
Age : 28
Status in Family : anak ketiga dari tiga bersaudara
PaNgGiLaN SaYaNk : win
FaVoRiT WoRd : apa aja dhe
Registration date : 15.11.07

PostSubyek: Re: Krisi yang sedang dihadapi DUNIA (KURANGNYA MORALITAS)   Wed Apr 02, 2008 3:55 pm

well,,,ada yg kurang neh,,dampak dari krisis ini apa??
dan kenapa moral bisa kurang??hehe
kapan moral di bilang ckup????

gw pcaya org2 pitner di pemerintahan dah penah baca hal ini, cuma lupa direnungin,,hehe,,
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
monjayaki
Senior
Senior


Male
Jumlah posting : 187
Age : 28
Status in Family : a
PaNgGiLaN SaYaNk : b
FaVoRiT WoRd : c
Registration date : 03.12.07

PostSubyek: Re: Krisi yang sedang dihadapi DUNIA (KURANGNYA MORALITAS)   Thu Apr 03, 2008 6:13 pm

pejabat gak akan merenungi ini ^^;;;


dampak krisis
gw lupa XD

gini: klo moral cukup, para ekonom dan businessman gak akan mengambil keuntungan sebesar2nya dengan menggunakan manusia (tenaga kerja) sebagai sarana belaka

intinya mereka gak peduli apa yang terjadi ama orang laen, selama tuh orang mau dipekerjakan (tanpa merasa diperas),
jadi akhirnya sesama penguasa saling berantem

yang ancur kan masyarakat
makanya yg kaya --> kaya banget
yg miskin ---> miskin banget

jadi dampak sosial seperti ini mang gak baik
tapi kita juga ga bisa berharap untuk menyamaratakan pendapatan (komunis)


hwhwhw klo mau bahas moral (sangat gak mungkin krn cenderung relatif tapi gak smua)
jadi akhirnya orang hanya ngebahasa yg UMUM aj (yg nyangkut HAM (cenderung absolut), etc)

artinya klo gw baca buku gak ada definisi jelas untuk batasan moral cukup ato kurang

tapi mereka kasih contoh praktis
yaitu GOLDEN RULE ^^;;

hwwhhw, keknay gw gak isa jawab smuanya
harus nanya pakar XD
mungkina ada yang bisa bantu
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
DeWe
Emperor
Emperor


Male
Jumlah posting : 767
Age : 28
Status in Family : anak ketiga dari tiga bersaudara
PaNgGiLaN SaYaNk : win
FaVoRiT WoRd : apa aja dhe
Registration date : 15.11.07

PostSubyek: Re: Krisi yang sedang dihadapi DUNIA (KURANGNYA MORALITAS)   Thu Apr 03, 2008 6:17 pm

kl di blg dampak krisis moral adalah yg miskin tmbh miskin dan kaya tmbh kaya,,gw sgt gak stuju,
kta gk isa nyalain apra pe bisnis, karena mank udah antureny bgt,,
skrg pkir aja,, kl lu jd wiraswasta, apa iyah lu naekin gaji karyawan2 lu biar mereka isa mem ful fill kbutuhan idup dy??
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
monjayaki
Senior
Senior


Male
Jumlah posting : 187
Age : 28
Status in Family : a
PaNgGiLaN SaYaNk : b
FaVoRiT WoRd : c
Registration date : 03.12.07

PostSubyek: Re: Krisi yang sedang dihadapi DUNIA (KURANGNYA MORALITAS)   Thu Apr 03, 2008 6:26 pm

nah di situlah debatnya
sbenernya gak masalah yg kayak tambah kayak

tapi jangan ampe do harm (membunuh, menjatuhkan, menghancurkan hidup scr psikis dan fisik, etc.) ke yang lain

itu aj seh intinya XD
mang sulit di sini
makanya amrik slalu brasa sbg penguasa
eh skrg jepun ama cina iseng2 mau bersaing (entahlah)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Krisi yang sedang dihadapi DUNIA (KURANGNYA MORALITAS)   Today at 8:08 am

Kembali Ke Atas Go down
 
Krisi yang sedang dihadapi DUNIA (KURANGNYA MORALITAS)
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» puisi untuk seseorang
» Tetes Air Mata di Museum Patah Hati
» Memilih Pembalut yang Baik
» Ombak-ombak terbaik dunia
» 10 motor jalanan tercepat di dunia

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Lets Talk About ... :: The Earth-
Navigasi: